cover
Contact Name
Eko Nur Hidayat
Contact Email
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Phone
+62248446272
Journal Mail Official
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur Gajahmungkur Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Majalah Ilmiah Gema Maritim
ISSN : 14112302     EISSN : 2656629X     DOI : https://doi.org/10.37612/gema-maritim
Core Subject : Engineering,
Majalah Ilmiah Gema Maritim adalah majalah ilmiah yang terbit enam bulanan. Lingkup bidang ilmu adalah ilmu terapan meliputi permesinan, kelistrikan, perawatan permesinan, pneumatic, sistem kontrol, elektronika, navigasi, keselamatan, astronomi, stabilitas kapal, logistik, eksport import, kepabeanan, kepelabuhanan, transportasi laut, bahasa, teknologi informatika dan komunikasi. Artikel yang akan diterbitkan dialamatkan ke editor. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk pemuatan artikel tersedia di setiap terbitan. Semua artikel yang dikirimkan akan diseleksi melalui proses review oleh reviewer (mitra bestari). Majalah ini terbit secara berkala setiap 6 bulanan, yaitu di semester Gasal bulan September dan Semester genap bulan Maret
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021" : 10 Documents clear
STRATEGI MENGATASI PENYEBAB SURGING MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA DI MT. ONTARI Afdolludin Afta Tazani
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.475 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i2.161

Abstract

Turbocharger adalah sebuah komponen untuk menambah jumlah udara yang masuk kedalam silinder dengan memanfaatkan energi gas buang. Kualitas gas buang sangat mempengaruhi putaran turbin turbocharger. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisa data menggunakan metode SWOT untuk menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan surging Mesin Diesel Penggerak Utama dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor–faktor tersebut dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan Peneliti, penyebab surging Mesin Diesel Penggerak Utama disebabkan oleh dua faktor, yaitu lolosnya kompresi pada saat pembakaran karena oversize cylinder liner dan suplai suku cadang Mesin Induk di atas kapal terhambat.Untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat dilakukan dengan mengganti cylinder liner yang sudah oversize, menurunkan putaran Mesin Induk agar gas buang lebih stabil, mengurangi konsumsi minyak lumas silinder untuk mengurangi lumpur pembakaran di ruang udara bilas, mengoperasikan auxiliary blower menjadi manual untuk menjaga tekanan udara bilas dalam tekanan normal selama Mesin Induk beroperasi, rekondisi pada suku cadang Mesin Induk seperti piston crown dan piston ring dengan cara membersihkan sehingga dapat digunakan lagi untuk sementara waktu menunggu suku cadang tiba di atas kapal, dan melakukan pembelian suku cadang dengan uang kapal terhadap suku cadang yang sifatnya ringan dan terjangkau untuk perawatan dan perbaikan suku cadang Mesin Induk.
RANCANG BANGUN ALAT PERAGA SISTEM OILY WATER SEPARATOR DI KAPAL KM. DOROLONDA Iqbal Helmi; Amad Narto; Mashudi Rofik
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.477 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i2.162

Abstract

Pada era modern di dunia kemaritiman ini proses pembelajaran terkait permesinan kapal sangat diperlukan dan sangat penting untuk dikuasai peserta didik. Sehingga banyak digunakan metode pembelajaran yang efektif salah satunya adalah metode pembelajaran dengan menggunakan alat peraga permesinan diatas kapal, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membuat alat peraga dan untuk mengetahui prinsip kerja dari alat peraga serta untuk mengetahui manfaat yang didapatkan dari alat peraga. Jenis alat peraga sitem oily water separator di atas kapal. Metode yang digunakan yaitu Research and Development, merupakan proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk yang sudah ada, baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak. Model dalam penelitian pengembangan ini adalah model procedural yaitu menggariskan pada langkah-langkah pembuatan yang terpapar secara urut dan bertahap dari proses awal hingga akhir.
TERHAMBATNYA PROSES HIBOB JANGKAR PADA MT. ETERNAL II Firnanda A.D.I; Ndori A.
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.02 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i2.163

Abstract

MT. Eternal Oil II berlabuh jangkar di Muntok, Selat Bangka terjadi suatu permasalahan, di antaranya Kelasi jaga saat itu lalai saat mengisi angin di pompa hidrolik, mengakibatkan tidak maksimalnya kekuatan windlass jangkar, sehingga jangkar kiri tidak dapat di hibob. Ini mengakibatkan kapal tidak dapat beroperasi dan perusahaan mengalami kerugian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data berupa da yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya kelebihan tekanan angin pada tabung mesin pompa hidrolik yang mengakibatkan terhambatnya proses hibob jangkar kapal ketika akan memasuki alur sungai Musi menuju Palembang adalah kurangnya pengetahuan Kelasi jaga akibat yang dapat ditimbulkan atau prosedur yang dilakukan saat akan mengisi angin pada tabung mesin pompa hidrolik, kurangnya komunikasi antara awak kapal, kurangnya perawatan pada mesin pompa hidrolik dan mesin windlass sebelah kiri pada kapal MT. Eternal Oil II.
PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP INVESTASI DAN KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN PELAYARAN Candra Oktyasari Putri; Aditya Mutiara Dewi
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.625 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i2.164

Abstract

Kinerja operasional perusahaan pelayaran nasional, khususnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), masih belum memuaskan. Hal ini antara lain ditandai oleh return on assets (ROA) sebagai indikator kinerja operasional perusahaan pelayaran yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020 mengalami penurunan. Penurunan kinerja operasional pelayaran nasional tersebut memerlukan perbaikan melalui modal intelektual dan investasi. Modal intelektual sebagai aset tidak berwujud penting bagi perusahaan untuk meningkatkan keunggulan inti perusahaan yang dapat digunakan dalam meningkatkan kinerja operasional selain investasi dalam aset berwujud sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal intelektual terhadap investasi dan kinerja operasional perusahaan pelayaran. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Sampelnya adalah 45 data tahunan 9 perusahaan pelayaran yang terdaftar di BEI pada poriode 2016-2020. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal intelektual tidak berpengaruh langsung terhadap investasi dan kinerja operasional, investasi berpengaruh langsung terhadap kinerja operasional, serta modal intelektual tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja operasional dengan mediasi investasi. Dengan demikian peningkatan kinerja operasional perusahaan pelayaran dapat mempertimbangkan investasi dan dapat mengabaikan kondisi modal intelektual perusahaan. Temuan ini layak didiskusikan di kalangan peneliti dan praktisi, terutama untuk mengungkap kenapa modal intelektual tidak berpengaruh terhadap investasi dan kinerja operasional perusahaan.
PENGARUH KINERJA KETARUNAAN TERHADAP TINGKAT RESELIANCE TARUNA DI GEDUNG PEMBINAAN KARAKTER POLITEKNIK BUMI AKPELNI B.L Hentri Widodo; Tini Utami; Eviana Diah Kusumawati
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.321 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i2.165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi nyata tingkat kinerja ketarunaan dan kemampuan reseliance di gedung pembinaan karakter Politeknik Bumi Akpelni, serta mendiskripsikan tentang pengaruh kinerja ketarunaan terhadap tingkat reseliance. Penelitian ini diharapkan nantinya memberikan masukan dan atau solusi serta penerapan praktis dalam mengatasi kinerja ketarunaan agar menjadikan lebih baik lagi juga peningkatan kemampuan reseliance taruna di gedung pembentukan dan pembinaan karakter Politeknik Bumi Akpelni. Populasi dalam penelitian ini adalah taruna taruni angkatan 56 dengan jumlah 370 orang yang melaksanakan pembentukan dan pembinaan karakter di gedung Pembinaan dan Pembentukan Karakter Politeknik Bumi Akpelni.Pengumpulan data dengan metode kuisioner. Uji intrumen ini dilakukan terhadap 79 taruna taruni angkatan 56 prodi Nautika, Teknika dan KPN. Analisi data yang digunakan adalah teknik analisis regresi. Hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan uji hipotesis parsial atau uji T diperoleh hasil bahwa kinerja ketarunaan berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat reseliance (2) Sumbangan efektif kinerja ketarunaan terhadap reseliance taruna sebesar 13,9 persen.
REKALKULASI BEBAN LISTRIK KAPAL UNTUK PENENTUAN DAYA GENERATOR PADA MV. PRATIWI MENGGUNAKAN RULE BKI Syifa Ath Thoriq; Sri Pramono; Chandra Yogatama
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.463 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i2.166

Abstract

Regulasi mengenai kelistrikan kapal diatur oleh berbagai badan di dunia. Untuk Indonesia, salah satu badan yang mengatur mengenai kelistrikan kapal adalah BKI (Biro Klasifikasi Indonesia). Salah satu hal yang diatur oleh regulasi BKI adalah konfigurasi generator. Konfigurasi generator ini ditentukan berdasarkan beban kelistrikan kapal. Regulasi BKI secara periodik terus diperbarui untuk mencapai keandalan dan keselamatan pelayaran sesuai dengan masanya. Regulasi ini sangat bermanfaat dalam perancangan kapal-kapal baru. Namun, hal ini juga menimbulkan keraguan mengenai kapal-kapal terdahulu. Muncul pertanyaan apakah kapal tersebut sudah sesuai dan bagaimana menyesuaikan kapal tersebut dengan regulasi BKI sekarang. Penelitian yang dibahas oleh Jurnal Perancangan Kebutuhan Daya Listrik pada Kapal Perintis 2000 GT Dengan Electric Balance BKI sudah membahas hal tersebut. Sayangnya penelitian itu menggunakan regulasi yang sekarang sudah tidak digunakan. Dibutuhkan penelitian sejenis yang menggunakan regulasi yang baru. Penelitian ini membahas implementasi regulasi BKI tahun 2020 pada kapal MV. Pratiwi. Setelah dilakukan implementasi Rules For Electrical Instalation BKI tahun 2020 didapatkan kapasitas generator minimum yang dibutuhkan harus mampu melakukan suplai hingga 353KW. Konfigurasi yang disarankan adalah 2 generator dengan daya berbeda dengan 1 generator memenuhi kebutuhan daya terlama yakni 229 KW dan generator lainnya untuk memenuhi beban puncak 353 KW.
PENERAPAN APLIKASI MY JICT DALAM MENINGKATKAN USAHA TERMINAL PETI KEMAS DI ERA 4.0 Ratna Kurnia Dewi; Fakhrurrozi Fakhrurrozi
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.036 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i2.168

Abstract

Kajian tentang penerapan aplikasi My JICT dalam meningkatkan usaha terminal peti kemas di era 4.0. merupakan suatu bentuk peningkatan pelayanan di JICT dalam penanganan muatan petikemas akibat lamanya proses pengurusan dokumen custom clearance, serta kendala-kendala yang lain. Penelitian didasarkan pada penelitian kualitatif ini dilakukan di PT JICT dan beberapa perusahaan pengguna jasa dari PT JICT., dengan mendasarkan hasil penelitian dari wawancara sebagai data primer dan dari literasi dan kepustakaan sebagai data sekunder. Ruang lingkup permasalahan membahas mengenai : 1) Bagaimana penerapan aplikasi My JICT, serta kendala yang dihadapi oleh Jakarta International Container Terminal (JICT), 2) Bagaimana persepsi customers mengenai penggunaan aplikasi My JICT, dalam proses penanganan muatan kontainer oleh JICT di era 4.0, dan 3) Bagaimana persepsi karyawan JICT mengenai penggunaan aplikasi My JICT dalam meningkatkan Usaha Terminal Petikemas. Ada tiga klaster dokumen barang dan kapal dalam aplikasi My JICT mengintegrasikan siklus layanan utama, yaitu sistem E-billing, sistem Autogate, dan sistem elektronik Delivery Order (DO) online untuk integrasi dokumen kapal. Keuntungan dalam penggunaan aplikasi My JICT yaitu memudahkan proses pembayaran atas jasa kepelabuhanan khususnya untuk pemuatan kontainer, dapat mengatur cash flow sesuai dengan kebutuhan penanganan muatan kontainer, dari beberapa layanan terminal di dalam satu aplikasi dengan sederhana yang diintegrasikan secara baik dan tepat. Dengan diterapkannya sistem elektronik yang cepat dan efisien di pelabuhan, telah mendorong dan meningkatkan adanya peningkatkan penetrasi percepatan layanan antar lembaga, dan pelayanan elektronik pelabuhan 24 jam menjadi langkah awal dalam pelaksanaan pengoperasian pelabuhan yang modern dan handal di Indonesia.
STRATEGI PENDIDIKAN MANAJEMEN TRANSPORTASI DAN LOGISTIK UNIVERSITAS MARITIM AMNI SEMARANG DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL Kusdibyo Kusdibyo
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.825 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i2.169

Abstract

Menghadapi tantangan Era Globalisasi dan Kesiapan memasuki era Asean Economic Community (AEC), pasar ekonomi Indonesia nampaknya ragu. Karena ketersediaan tenaga ahli di bidang Transport dan Logistik masih sangat memadai, salah satu tantangan terberat yang dihadapi pasar terbuka Asean adalah pemanfaatan tenaga ahli di bidang Transport dan Logistik. Oleh karena itu, Universitas Maritim Amni Semarang menjawab tantangan dunia bisnis Transportasi dan Logistik dalam penyelenggaraan pendidikan untuk menciptakan kurikulum pendidikan ahli logistik yang handal dan bereputasi global yaitu dengan mewujudkan Universitas Maritim Amni Semarang. memaparkan kondisi pendidikan di Indonesia ditinjau dari segi kualitas, outcome yang dihasilkan, kesesuaian outcome dengan dunia kerja serta menggali informasi tentang karakteristik tenaga kerja potensial yang siap terjun dalam “MEA”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, studi literatur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Transformasi pendidikan diperlukan agar pendidikan mampu menghasilkan SDM yang handal dan tangguh; pendidikan dan tenaga pendidik harus ditingkatkan (kualitasnya sebagai pendidik diiringi dengan memberi kesejahteraan bagi pendidik ditata secara profesional). MEA menuntut tenaga-tenaga kerja yang terampil dan profesional.
PERANAN PENTING SELENOID VALVE PADA SISTEM MESIN PENDINGIN RUANG PENYIMPANAN BAHAN MAKANAN DI KAPAL Agus Saleh; Eka Darmana
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.573 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i2.171

Abstract

Mesin bantu jenis mesin pendingin diatas kapal punya peranan penting dalam menunjang kelancaran operasi kapal, namun dalam pengoprasiannya sering mengalami bermacam masalah yang dapat mengganggu proses pendinginan bahan makanan di atas kapal. Bermacam jenis bahan makanan di kapal yang perlu di pertahankan kuwalitasnya dengan cara didinginkan dalam ruang khusus pada suhu yang berbeda sesuai dengan jenis bahan makanannya seperti daging, ikan, sayur dan buah. Untuk mendapatkan suhu yang berdeda pada setiap ruangan harus ada selenoid valve. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah studi kasus dikapal, adapaun pengumpulan data didapatkan dengan cara pengamatan diatas kapal, studi pustaka dengan menelaah maual book dan diskusi dengan para crew diatas kapal. Dari data data selama observasi, studi pustaka dan wawancara kemudian dianalisa dan dirumuskan serta di kemukakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari pembahasan ini menjelaskan bahwa pada sistim mesin pendingin terdapat selenoid valve yang berfungsi untuk mengatur aliran refrigerant cair ke masing masing ruangan yang harus dilakukan perawatan dengan baik agar berfungsi sebagaimana mestinya sehingga suhu pada setiap ruangan dapat tercapai sesuai yang di butuhkan, karena bila solenoid valve tidak dapat tertutup dengan rapat dapat mengakibatkan suhu ruang melebihi suhu yang di butuhkan sehingga dapat merusak bahan makanan khususnya jenis sayuran yang tidak tahan terhadap suhu di bawah nol atau suhu minus.
ANALISIS POWER OF HYDROGEN DAN KESADAHAN FEED WATER BOILER GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI BOILER DI PT. DJARUM KUDUS Herry Widodo; Ryan Saputra; Puryadi Puryadi
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 23 No 2 (2021): Gema Maritim Vol 23 No 2 tahun 2021 tanggal 30 September 2021
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.856 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v23i2.173

Abstract

Pengolahan air umpan boiler digunakan sebagai umpan boiler. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai PH,Kesadahan, dan total disolved solve pada air umpan boiler dengan media air sumur di PT. DJARUM KUDUS, dengan acuan standar menurut SOC PT.Djarum Kudus. Metode penelitian penulis gunakan yaitu analisa kuantitatif. Metode analisa kuantitatif menganalisa sampel air sumur di laboratorium kimia dengan titrasi sehingga didapatkan konsentrasi Ca,Mg yang terlarut dalam sampel, sampel di ambil dari sumur 1 dan sumur 2 di PT.DJARUM Kudus. Serta analisa PH dan Kesadahan. Hasil penelitian menunjukkan : air umpan boiler sumur 1 dengan PH 9,40, dan kesadahan 2 ppm, dan air umpan boiler pada sumur 2 dengan PH 8,90, dan Kesadahan 1,8 ppm. didapat dari penelitian tersebut PH dari Sumur 1 tidak memenuhi standart yaitu 9,40 PH. Karena tingginya pH bisa mengakibatkan korosi pada dinding pipa boiler mengganggu transfer panas dan memperpendek umur alat. Sedangkan hasil analisa kesadahan pada air sumur 1 dan sumur 2 memenuhi SOC PT. Djarum Kudus.

Page 1 of 1 | Total Record : 10